Friday, July 13, 2007

Apa sih urat itu sebenarnya?


Pernah dengar istilah ’marah sampai uratnya keluar’? Jadi apa sih urat itu dan apa fungsinya? Tergantung apa yang anda maksud dengan urat. Jika yang anda maksud adalah guratan-guratan berwarna kebiruan seperti yang sering kita lihat di punggung tangan atau kaki, maka yang anda maksud adalah vena atau pembuluh darah balik. Vena berfungsi untuk mengalirkan darah kembali ke jantung setelah memberi nutrisi pada jaringan di tepi (perifer).

Jika yang anda maksud adalah guratan memanjang seperti yang muncul di pergelangan tangan ketika anda mengepalkan tangan, maka yang anda maksud adalah tendon. Tendon bisa disamakan fungsinya dengan tali atau kabel, yaitu untuk menghubungkan otot dengan tulang yang digerakkan. Coba anda remas pergelangan tangan anda, pasti jari-jari anda menekuk dengan sendirinya kan? Itu karena tendon tersebut berfungsi menghubungkan otot dengan tulang-tulang jari anda.

Atau mungkin urat yang anda maksud adalah nervus, yaitu serabut saraf seperti kabel yang berfungsi mengirimkan pesan-pesan bolak balik antara daerah itu ke otak dan sumsum tulang belakang. nervus inilah yang membuat anda dapat merasakan panas, dingin, tekanan dan sebagainya. Nervus cenderung terletak agak dalam, dan sulit untuk diraba.

Kemungkinan lainnya adalah arteri, seperti yang dapat diraba di tepi luar pergelangan tangan di bawah pangkal ibu jari. Fungsi utamanya adalah mengalirkan darah yang kaya nutrisi dari jantung ke jaringan-jaringan tepi. Kita dapat menggunakan arteri untuk menghitung denyut nadi, atau untuk mengukur tekanan darah, dll.

Jika anda membicarakan soal asam urat (uric acid), asam urat tidak ada hubungannya dengan hal-hal di atas itu, melainkan merupakan zat tidak-larut-air yang dihasilkan sebagai produk akhir dari metabolisme purin. Penumpukan bentuk kristalnya pada persendian atau pada ginjal menyebabkan penyakit gout.

No comments: