Friday, July 13, 2007

Apakah orang pingsan harus diberi minum?


Wah, kalo dengar seperti itu kok sepertinya setiap orang pingsan pasti kehausan? Sering sekali di sini terjadi salah kaprah tentang pertolongan bagi orang pingsan. Sebenarnya orang yang pingsan tidak boleh diberi minum atau makanan apapun, paling tidak selama dia masih belum sadar penuh. Mengapa? Karena pada orang yang pingsan, terutama pada yang kesadarannya menurun, refleks muntah dan refleks tersedak menghilang.

Anda pasti pernah tersedak kan? Tersedak adalah usaha tubuh untuk menjaga agar saluran nafas tidak tertutup oleh benda yang tidak seharusnya masuk ke situ (air, makanan, kelereng dll). Ketika orang dengan kesadaran yang turun saluran nafasnya kemasukan air/makanan, ia tidak dapat membatukkan keluar benda itu, ataupun minta tolong pada orang lain. Akibatnya adalah ia mengalami keadaan kekurangan oksigen atau asphixia sehingga seperti tenggelam di darat, dan jika tidak segera ditolong akan sangat berbahaya.

Alasan lainnya adalah, mungkin pertolongan yang akan diberikan petugas medis mencakup pembedahan. Pada kasus seperti itu, pembedahan sebaiknya dilakukan pada kondisi perut kosong, yaitu 12 jam sejak terakhir makan/minum. Dengan memberikan minum, malah akan menunda tindakan pertolongan yang harus diberikan, dan mempersulit petugas medis.

No comments: