Friday, July 13, 2007

Mengapa memotong bawang membuat kita menangis?


Karena kita sedih harus masak sendiri! Hehe, yang benar adalah karena bawang mengandung enzim yang bernama lachrymatory-factor synthase. Proses penyebab menangis adalah sebagai berikut: Enzim ini bereaksi dengan asam amino dari bawang, dan asam amino itu berubah menjadi asam sulfenic. Asam sulfenic secara spontan berubah menjadi syn-propanethial-S-oxide, yang dilepaskan ke udara. Sewaktu zat ini menyentuh mata, ia memicu timbulnya air mata dengan menyentuh serabut saraf pada kornea yang mengaktifkan kelenjar air mata. Sekarang anda boleh mulai mengambil tissue.

Usaha-usaha rekayasa genetika dilakukan untuk membuat bawang yang tidak membuat kita menangis, akan tetapi nampaknya enzim itu jugalah yang membuat rasa bawang yang segar. Sementara ini ada kemungkinan terobosan baru, dimana ahli biochemist Jepang menyatakan adanya kemungkinan membuat bawang yang tidak menangin dengan cara menekan gen lachrymatory-factor-synthase dan meningkatkan produksi thiosulphinat.

Yah, untuk sementara ini ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah tangisan bawang. Memanaskan bawang sebelum dipotong, memotong di bawah air mengalir, atau mengenakan kacamata renang.

Mau lebih praktis? Makan di luar.

No comments: